Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa Kelas VIII SMP N 27 Padang

Yosi, Sanggra Putri (2018) Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa Kelas VIII SMP N 27 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14010097-YOSI SANGGARA PUTRI (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-25T112728.901.pdf

Download (156kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN - 2020-07-25T112817.622.pdf

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-25T112758.098.pdf

Download (158kB)

Abstract

Pembelajaran Biologi di SMP N 27 Padang cendrung pasif. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar Biologi perserta didik. Salah satu penyebabnya adalah model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran belum bervariasi. Sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif yang mengakibatkan siswa cenderung pasif dalam menerima materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Mengatasi hal tersebut perlu diterapkan satu cara untuk membuat siswa aktif dan termotivasi dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas VIII SMP N 27 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP N 27 Padang yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen VIII.2 dan kelas kontrol VIII.4 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi sikap yang berupa penilaian diri sendiri dan antar perserta didik. Penilaian pengetahuan dapat dilihat dari tes akhir siswa yaitu menjawab 48 soal dalam bentuk pilihan ganda. Kompetensi keterampilan dapat dilihat dari laporan yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria t hitung > t tabel. Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata tes hasil belajar pada kelas eksperimen 74,37 (B), sedangkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas kontrol 68,93 (C) setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 1,856 dan ttabel 1,67 berarti t hitung > t tabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Untuk sikap siswa pada penilaian diri sendiri kelas eksperimen 88,25 (A) pada kelas kontrol 78,57(B) = 1,67 sedangkan = 1,992 jadi, maka hipotesis diterima dan penilaian antar perserta didik kelas eksperimen 86,82 (A) kelas kontrol 78,09 (B) = 1,67 sedangkan = 1,822 jadi, maka hipotesis diterima. Ketrampilan siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 70,238 (C) dan kelas kontrol 55,119 (D) = 1,67 sedangkan = 4,066 jadi, maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 25 Jul 2020 04:45
Last Modified: 25 Jul 2020 04:45
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8983

Actions (login required)

View Item View Item