Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Padang dengan Menggunakan Teknik Objek Langsung

Rika, Febrianti (2015) Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Padang dengan Menggunakan Teknik Objek Langsung. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (70).pdf

Download (240kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (56).pdf

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080249 RIKA FEBRIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yaitu Pertama motivasi siswa dalam menulis masih kurang, Kedua siswa kurang memahami struktur teks deskripsi, Ketiga siswa kurang memahami materi tentang teks karena istilah teks masih baru oleh siswa,Keempat permasalahan itu timbul tidak hanya dari siswa, tetapi juga dalam penggunaan metode, media dan teknik yang kurang bervariasi oleh guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang dengan menggunakan teknik objek langsung.Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, sebanyak 276 orang yang tersebar dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Proportional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 28 orang siswa yang diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa hasil tes teksdeskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan cara member tes unjuk kerja kepada siswa untuk mengetahui berapa jumlah skor dan nilai siswa dalam menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks deskrip sisiswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang dengan menggunakan teknik objek langsung untuk struktur judul tergolong sempurna (100) berada pada tingkat penguasaan 96-100%.Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang dengan menggunakan teknik objek langsung untuk struktur kalimat topic tergolong baik sekali (94,05) berada pada tingkat 86-95%. Ketiga, keterampilan menulis teks deskripsi dengan menggunakan teknik objek langsung untuk struktur rincian objek tergolong baik sekali (90,48) berada pada tingkat 86-95%. Keempat, keterampilan menulis teks deskripsi dengan menggunakan teknik objek langsung untuk simpulan tergolong baik (82,15) berada pada tingkat penguasaan 76-85%. Kelima, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang dengan menggunakan teknik objek langsung untuk penggunaan kata kerja tergolong baik (90,48) berada pada tingkat penguasaan 86-95%. Keenam, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 14 Padang dengan menggunakan teknik objek langsung untuk kelima indikator tergolong sempurna (S), dengan rata-rata 96,17. Kata kunci: menulis deskripsi objeklangsung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 20 Jun 2020 03:54
Last Modified: 20 Jun 2020 03:54
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item