Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Teknik Parafrase Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam

Putri, Febrina (2015) Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Teknik Parafrase Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (62).pdf

Download (242kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (50).pdf

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (40).pdf

Download (260kB)
[img] Other (Skripsi Lengkap)
10080223 PUTRI FEBRINA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yaitu keterampilan menulis teks cerpen siswa yang tergolong masih kurang. Hal ini terjadi karena siswa Pertama, Kurangnya minat dan motivasi siswa dalam menulis teks cerpen. Kedua, kekurangmampuan siswa dalam mengembangkan ide maupun imajinasi yang terfikirkan dan topik yang akan dijadikan sebuah teks cerpen. Ketiga, sebagian siswa masih ada yang belum paham tentang konsep struktur teks cerpen dengan benar, karena ini merupakan pembelajaran baru di kurikulum 2013. Keempat, siswa kesulitan menerapkan kosakata dalam menulis teks cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 197 orang yang tersebar dalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 28 orang siswa. Hasil penelitian berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen dengan menggunakan teknik parafrase puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman untuk indikator 1 (orientasi) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 89,40. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen dengan menggunakan teknik parafrase puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman untuk indikator 2 (komplikasi) tergolong kurang sekali (KS) dengan rata-rata 54,64. Ketiga, keterampilan menulis teks cerpen dengan menggunakan teknik parafrase puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman untuk indikator 3 (Resolusi) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 88,21. Berdasarkan hasil secara keseluruhan mengenai tiga indikator yang diteliti hasil penelitian tentang teks cerpen dengan menggunakan teknik parafrase puisi siswa kelas VII SMP N 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman dengan ketiga indikator tergolong baik (B) dengan rata-rata 77,21. Pada penelitian ini peneliti mendeskripsikan berdasarkan hasil pengamatan penilaian sikap siswa pada masing-masing indikator penilaian siswa yaitu santun, jujur dan bertanggung jawab, dapat dikatakan secara keseluruhan sudah cukup baik dalam bersikap saat pelaksanaan tugas yang diberikan guru saat pembelajaran yang sedang berlangsung. Kata kunci : Keterampilan, Menulis, Teks Cerpen, Teknik Parafrase Puisi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 19 Jun 2020 07:33
Last Modified: 19 Jun 2020 07:33
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item View Item