Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X SMA Negeri I Danau Kembar dengan Menggunakan Media Gambar Berseri

Pemi, Pemi (2015) Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X SMA Negeri I Danau Kembar dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (61).pdf

Download (252kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (49).pdf

Download (257kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (39).pdf

Download (257kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080101 PEMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga alasan, pertama, kurangnya minat siswa dalam menulis khususnya menulis teks prosedur. Kedua, kurangnya kemampuan siswa dalam mengembangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan. Ketiga, kurangnya teknik pembelajaran di sekolah sehingga pembelajaran kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X SMA Negeri I Danau Kembar dengan menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 februari 2015 dengan lokasi penelitian di SMA Negeri I Danau Kembar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Danau Kembar, yang berjumlah 72 orang siswa. Sampel diambil dalam penelitian ini berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X SMA Negeri I Danau Kembar dengan menggunakan media gambar berseri tergolong lebih dari cukup (LdC), dengan rata-rata penguasaan siswa 66 berada pada rentangan 66−75% dengan rincian sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks prosedur siswa untuk indikator 1 (judul) tergolong baik (S), dengan rata-rata penguasaan 81 berada pada rentangan 76−85%. Kedua, kemampuan menulis teks prosedur siswa untuk indikator 2 (tujuan) tergolong hampir cukup (HC), dengan rata-rata penguasaan siswa 52 berada pada rentangan 46−55%. Ketiga, kemampuan menulis teks prosedur siswa untuk indikator 3 (bahan/alat) tergolong cukup (C), dengan rata-rata penguasaan siswa 62 berada pada rentangan 56−65%. Keempat, kemampuan menulis teks prosedur untuk indikator 4 (urutan/tahapan) tergolong sempurna (S), dengan rata-rata penguasaan siswa 100 berada pada rentangan 96−100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 19 Jun 2020 07:12
Last Modified: 19 Jun 2020 07:24
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8807

Actions (login required)

View Item View Item