Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Pesisir Selatan

Olina, Srivoni (2015) Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (60).pdf

Download (8kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (48).pdf

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (38).pdf

Download (267kB)
[img] Other (Skrispi Lengkap)
10080228 OLINA SRIVONI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. (1) Kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran berbicara. (2) Sikap malu untuk tampil berbicara di kelas. (3) Sulit mendapatkan ide. (4) Kurang terampil dalam berbicara. (5) Metode kurang bervariasi dalam pembelajaran. Untuk itu diperlukan metode demonstrasi dalam menjelaskan secara lisan isi artikel yang dibaca, agar pembelajaran menjadi menarik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA negeri 1 Lengayang Pesisir Selatan tanpa menggunakan metode demonstrasi, (2) mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA negeri 1 Lengayang Pesisir Selatan dengan menggunakan metode demonstrasi, (3) mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA negeri 1 Lengayang Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu desain kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA negeri 1 Lengayang Pesisir Selatan tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 34 dan kelas XI IPS2 (kelas kontrol) yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data penelitian ini adalah hasil tes berupa skor kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Pesisir Selatan tanpa dan dengan menggunakan metode demonstrasi. Indikator penilaian berupa lafal (ketepatan ucapan), diksi (pilihan kata), kelancaran berbicara dan kenyaringan suara. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut ini. (1) Hasil tes yang diperoleh pada kelas kontrol berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 68,48. (2) Hasil tes yang diperoleh pada kelas eksperimen berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 82,72. (3) Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan 95% dengan thitung = 6,43 dan ttabel =1,67. Hal ini berarti hipotesis (H1) diterima. Artinya, penggunaan metode demonstrasi efektif terhadap tes kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA N 1 Lengayang Pesisir Selatan. Kata kunci: berbicara, demonstrasi, dan efektivitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 19 Jun 2020 07:09
Last Modified: 19 Jun 2020 07:09
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8806

Actions (login required)

View Item View Item