Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Cerita Pendek Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman

Nurhasanah, Nurhasanah (2015) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Cerita Pendek Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080107 NURHASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.docx oke.pdf

Download (238kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (82).pdf

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (63).pdf

Download (268kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan dalam menyampaikan ide pikirannya ke dalam bentuk tulisan serta siswa kurang memahami struktur teks cerpen. Selain itu, minimnya kosakata yang dimiliki siswa dan model atau teknik yang digunakan guru kurang bervariasi dalam pembelajaran memproduksi teks cerita pendek, sehingga siswa sulit untuk mengembangkan pikirannya dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam memproduksi teks cerpen sebelum dan sesudah menggunakan teknik mind mappping. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Rao kabupaten Pasaman yang terdaftar pada tahun 2014/2015 yang berjumlah 348 orang yang tersebar pada sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 38 orang. Data penenlitian ini adalah nilai keterampilan siswa dalam memproduksi teks cerpen siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman sebelum dan sesudah menggunakan teknik mind mappping. Data dianalisis kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap nilai keterampilan memproduksi teks cerita pendek siswa kelas x1 SMA Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, keterampilan siswa dalam memproduksi teks cerpen kelas X1 SMA Negeri 1 Rao kabupaten Pasaman sebelum menggunakan teknik mind mappping berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata 67. Kedua, keterampilan siswa dalam memproduksi teks cerpen kelas X1 SMA Negeri 1 Rao kabupaten Pasaman sesudah menggunakan teknik mind mappping berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata 82,3. Ketiga, terdapat pengaruh penggunaaan teknik mind mapping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 19 Jun 2020 04:28
Last Modified: 19 Jun 2020 04:28
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8805

Actions (login required)

View Item View Item