Pengaruh Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran, Fasilitas Belajar, dan Motivasi belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Sutera

Nur, Azila (2015) Pengaruh Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran, Fasilitas Belajar, dan Motivasi belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Sutera. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (57).pdf

Download (150kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (46).pdf

Download (20kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (22).pdf

Download (246kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
10090140 NUR AZILA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran, fasilitas belajar dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS SMP N 4Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dan Asosiatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 SuteraTahun 2013/2014 yang berjumlah 240 orang.Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 70 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran fasilitas belajar dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan digunakan teknik uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kreativitas Guru dalam proses pembelajaran terhadap Hasil Belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan nilai koefisiennya sebesar 0,183. Nilai koefisien signifikan secara statistik karena thitung sebesar = 2,752 lebih besar dari ttabel sebesar 1,668.; (2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan nilai koefisienya sebesar 1,291. Nilai koefisien signifikan secara statistik karena thitung sebesar = 10,635 lebih besar dari ttabel sebesar 1,668.;(3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajart erhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Nilai koefisienya sebesar 0,329. Nilai koefisien signifikan secara statistik karena t hitung sebesar = 3,909 lebih besar dari ttabel sebesar 1,668.; (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran, fasilitas belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dengan Fhitung = 201,613 > dari Ftabel(3,13) dan Sig (0,000) < Alpha (0,05) Disamping itu juga ditunjukan oleh nilai R2 sebesar 0,902 Besarnya pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran, fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yaitu 90,2% dan sisanya 9,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Kata kunci :Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran, Fasilitas Belajar Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:49
Last Modified: 19 Jun 2020 03:49
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item View Item