Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Teknik Pemodelan Siswa Kelas X SMA Pertiwi 2 Padang

Novi, Yanti (2015) Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Teknik Pemodelan Siswa Kelas X SMA Pertiwi 2 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (54).pdf

Download (253kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (44).pdf

Download (246kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (20).pdf

Download (359kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080053 NOVI YANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep menulis teks anekdot dan beranggapan bahwa teks anekdot merupakan hal yang baru. Kurangnya pengetahuan siswa dalam menuangkan ide dan gagasan ke dalam bentuk teks anekdot. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan dalam menulis teks anekdot. Kurang bervariasinya teknik yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Hal ini mengakibatkan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian kemampuan menulis teks anekdot dengan teknik pemodelan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot dengan teknik pemodelan siswa kelas X SMA Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 128 orang yang tersebar dalam empat kelas yang terdaftar tahun 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian siswa kelas X IPS 2 sebanyak 30 siswa. Data penelitian ini adalah tes unjuk kerja untuk kemampuan menulis teks anekdot dengan teknik pemodelan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks anekdot dengan teknik pemodelan siswa kelas X SMA Pertiwi 2 Padang secara keseluruhan tergolong Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 71 berada pada rentangan 65-75%. Kemampuan menulis teks anekdot dengan teknik pemodelan siswa kelas X SMA Pertiwi 2 Padang untuk ketiga indikator adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan siswa menulis struktur teks anekdot untuk indikator orientasi yakni berupa penggambaran bagaimana latar belakang peristiwa terjadi terdapat latar yang lengkap (tempat, waktu, dan suasana) dan sesuai dengan situasi yang diceritakan tergolong baik (B), dengan rata-rata penguasaan siswa 79 berada pada rentangan 76−85%. Kedua, kemampuan siswa menulis struktur teks anekdot untuk indikator krisis yakni berupa permasalahan dengan mengambarkan kritikan dan lucu dalam teks secara lengkap tergolong cukup (C), dengan rata-rata penguasaan siswa 64 berada pada rentangan 56−65%. Ketiga, kemampuan siswa menulis struktur teks anekdot indikator reaksi yakni berupa pengambaran tanggapan dan kesimpulan tergolong Lebih dari Cukup (LdC), dengan rata-rata penguasaan sebesar 69 berada pada rentangan 66−75%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:36
Last Modified: 19 Jun 2020 03:36
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8801

Actions (login required)

View Item View Item