Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan

Novi, Andra (2015) Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (52).pdf

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (19).pdf

Download (343kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (43).pdf

Download (148kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080118 NOVI ANDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini adalah Pertama, Siswa belum memahami konsep teks cerpen dengan benar. Kedua, kurangnya minat siswa untuk membaca teks cerpen. Ketiga, teknik yang diterapkan guru cenderung monoton dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, dan sampel penelitian yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, tes yang diterapkan adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan, Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model untuk indikator 1 (struktur orientasi) tergolong baik (B) dengan mean 76 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76 - 85%). Kedua, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model untuk indikator 2 (struktur komplikasi) baik (B) dengan mean 85 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76 - 85%). Ketiga, menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model untuk indikator 3 (struktur resolusi) baik (B) dengan mean 83 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76 - 85%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:19
Last Modified: 19 Jun 2020 03:19
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item