Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Video Scribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIA SMA N 3 Payakumbuh

Marselina, Marlina Br. Sijabat (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Video Scribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIA SMA N 3 Payakumbuh. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
4. PDF ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text (Kesimpulan)
5. BAB PENUTUP-converted.pdf

Download (31kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
2 SKRIPSI FULL PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika masih rendah dan kurangnya pemahaman konsep pembelajaran fisika oleh peserta didik, sehingga membuat peserta didik kurang memahami materi yang diberikan pendidik dan hasil belajar fisika kelas X MIA SMA N 3 Payakumbuh yang masih rendah. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menggunakan model PBL dan media video scribe menggunakan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dengan model pembelajaran PBL menggunakan video scribe lebih baik dari pada hasil belajar fisika peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik pada kelas X MIA SMA N 3 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan posttest only control design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik X MIA SMA N 3 Payakumbuh yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, terambil kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang dilakukan pada penelitian ini yaitu tes akhir dan lembar observasi. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essay dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,636. Berdasarkan hasil perhitungan didapat th = 1,6850 dengan ttabel = 1,675, kareta th > ttabel , maka H0 di tolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis aktivitas dapat diketahui bahwa aktivitas kelas eksperimen lebih baik dari aktivitas belajar kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu hasil belajar fisika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan video scribe lebih baik dari pada hasil belajar fisika peserta didik menggunakan model pembelajaran saintifik di kelas X MIA SMA N 3 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 05 Jun 2020 07:05
Last Modified: 05 Jun 2020 07:05
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

View Item View Item