Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Desain Grafis Dengan Strategi Edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Untuk Kelas X Multimedia SMK N 4 PADANG

Syafwandi, Juhandra (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Desain Grafis Dengan Strategi Edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Untuk Kelas X Multimedia SMK N 4 PADANG. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Kesimpulan)
PENUTUP.pdf

Download (163kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
15100024-SYAFWANDI JUHANDRA-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran Dasar Desain Grafis Kompetensi Keahlian Multimedia, dengan pokok bahasan pembelajaran CorelDraw yang mempunyai tingkat kesulitan tersendiri bagi siswa terutama dalam Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vektor atau aplikasi CorelDraw dan belum adanya media pembelajaran yang digunakan pada pokok bahasan pembelajaran CorelDraw. Khususnya untuk Kelas X Multimedia masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vektor atau aplikasi CorelDraw. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran dengan strategi Edutainment berbantuan CD Pembelajaran Interaktif yang valid dan praktis pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK N 4 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Instructional Development Institute (IDI) yang meliputi tiga tahap yaitu, tahap define, develop dan evaluate. Hasil dari penelitian ini menunjukan nilai dari validator ahli media dengan rata-rata 0,87 sehingga dinyatakan valid, validator ahli materi dengan nilai rata-rata 0,80 sehingga dinyatakan valid. Penilaian praktikalitas dari guru mencapai 99,00% sehingga dinyatakan sangat praktis, sedangkan hasil praktikalitas dari respon siswa mencapai 81,95% sehingga dinyatakan sangat praktis. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan dari ahli serta hasil dari uji coba lapangan media CD pembelajaran interaktif dengan strategi Edutainment sudah teruji kelayakan, keunggulan dan dapat digunakan pada proses pembelajaran Dasar Desain Grafis jurusan Multimedia di SMK N 4 Padang. Kata kunci : Media Pembelajaran, CD Interaktif, Dasar Desain Grafis, Edutainment, IDI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Informatika
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 04 Jun 2020 08:33
Last Modified: 04 Jun 2020 08:33
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8697

Actions (login required)

View Item View Item