Pengaruh Strategi Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Evi, Erdi Agustin (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
15100021-EVI ERDI AGUSTIN-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text (Kesimpulan)
PENUTUP.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah, sehingga hasil belajar siswa masih rendah , sehingga perlu strategi pembelajaran Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian quasi eksperimen Desain Penelitian yang digunakan adalah Intact-Group comparison. Subyek penelitian dilakukan uji coba instrumen dikelas XI TKJ berjumlah 18 siswa. Untuk penelitian sampel terdiri dari 22 siswa yang dibagi menjadi dua kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar Pemrograman Dasar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil belajar yang signifikan sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan dapat disimpulka bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen atau thitung 3,533 > ttabel 2,086, maka H0 ditolak H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar siswa dengan project based learning mata pelajaran pemograman dasar pada kelas eksperimen lebih efektif secara signifikan secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa sesuai yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Project Based Learning. Kata Kunci : Pengaruh, Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Informatika
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 04 Jun 2020 08:25
Last Modified: 04 Jun 2020 08:25
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8695

Actions (login required)

View Item View Item