Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-modul pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Tika, Fadillah (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-modul pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text (Kesimpulan)
PENUTUP.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text (Skrispsi Lengkap)
15100014-TIKA FADILLAH-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pemahaman siswa dalam belajar sistem komputer yang masih rendah, sehingga perlu pengembangan media pembelajaran berbasis e-modul. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Sistem Komputer di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis Penelitian R&D yang digunakan adalah desain penelitian model Plomp dengan tahapan preliminary research, prototyping phase dan Assessment phase. Subyek penilaian media pembelajaran meliputi 2 orang validator terdiri dari 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi dan 21 orang untuk uji praktikalitas dan efektivitas yang terdiri dari 1 orang guru dan 20 orang siswa. Teknik validitas dan praktikalitas yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Data efektivitas diperoleh dari nilai pretest-postest dan dianalisis menggunakan uji t berpasangan, untuk mengukur efektivitas media digunakan n-gain. Hasil penelitian media pembelajaran berbasis e-modul dinilai oleh validator dengan rincian validator ahli media sebesar 0,763 sehingga dinyatakan valid, validator ahli materi sebesar 0,845 sehingga dinyatakan valid. Praktikalitas dari guru mata pelajaran mencapai 90,79% dinyatakan sangat praktis, sedangkan hasil praktikalitas dari mahasiswa mencapai 88,96 % sehingga dinyatakan sangat praktis. Analisis data dapat dilihat nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 dimana t hitung (17,09) > t tabel (0,025) sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan postest. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan dari beberapa ahli serta hasil uji coba kelompok besar media pembelajaran berbasis e-modul sudah teruji kelayakannya dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Kata Kunci : Learnig media, E-Modul, Sistem Komputer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Informatika
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:55
Last Modified: 04 Jun 2020 07:55
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8692

Actions (login required)

View Item View Item