Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di SMK Negeri 1 Padang Panjang

Ninit, Afrina (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
4. NINIT AFRINA (15100005) ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text (Kesimpulan)
5. NINIT AFRINA (15100005) BAB PENUTUP.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
6. NINIT AFRINA (15100005) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
2. NINIT AFRINA (15100005) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Instrumen penilaian adalah alatukur yang digunakan untuk mengukur dalam rangka pengumpulan data. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan instrumen penilaian kinerja pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang dikembangkan, (2) Mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan instrumen penilaian kinerja pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Plomp, (1) investigasiawal (preliminary research), (2) perangcangan dan realisasi (prototyping phase). Pada tahap prototyping phase dilakukan Perancangan instrument penilaian pada praktikum simulasi digital. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang berjumlah 3 orang guru. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian dibagi atas dua yaitu format validasi instrumen penilaian kinerja untuk mendapatkan data kevalidan dan format kepraktisan berupa angket respon guru untuk mendapatkan data praktis. Data uji coba kevalidan instrumen penilaian, instrumen penilaian memenuhi kategori sangatvalid dengan skor rata-rata 95.75 % , untuk uji coba kepraktisan diperoleh skor persentase 92,72% yang termasuk kategori sangatpraktis. Hal ini mengindikasikan bahwa instrumen penilaian praktikum yang dikembangkan masih belum sempurna namun layak untuk digunakan. Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen, Penilaian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Informatika
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:15
Last Modified: 04 Jun 2020 07:15
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8687

Actions (login required)

View Item View Item