Keefektifan Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP N 7 Kinali

Feri, Setiawati (2019) Keefektifan Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP N 7 Kinali. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text (Kesimpulan)
PENUTUP.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
15080118-FERI SETIAWATI-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang memahami teks deskripsi terutama menentukan ide, gagasan, kesulitan menulis teks deskripsi tidak sesuai strukturnya secara kronologis, tanda baca dan kurangnya kosa kata. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media audio visual, serta mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran sinektik berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kinali. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dan rancangan One Group Pretest and Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah seluruh kelas VII, berjumlah 55 orang. Data penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks deskripsi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media audio visual . Hasil Penelitian ini yaitu. Pertama, menulis teks deskripsi sebelum menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media audio visual memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,44 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi sedang (S). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media audio visual siswa kelas VII SMP N 7 Kinali memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,61 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat keefektifan dalam menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 7 Kinali karena t hitung = 2,85 > t tabel = 1,69.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:07
Last Modified: 03 Jun 2020 03:07
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8607

Actions (login required)

View Item View Item