Faktor Penyebab Masyarakat Tidak Menggunakan Layanan E-Loket Nagari Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Yelfita, Putri (2019) Faktor Penyebab Masyarakat Tidak Menggunakan Layanan E-Loket Nagari Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
3. YELFITA PUTRI (15070060) ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text (Kesimpulan)
6. YELFITA PUTRI (15070060) PENUTUP.pdf

Download (87kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
5. YELFITA PUTRI (15070060) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
2. YELFITA PUTRI (15070060) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Transaksi Elektronik E-loket telah digunakan di Nagari Sungai Aur sejak tahun 2017 Namun masyarakat tidak banyak menggunakan layanan E-loket, sehingga tahun 2019 tidak banyak menggunakan layanan E-loket di Nagari Sungai Aur Kabupaten Pasaman. Adapun kemudahan yang diberikan E-loket antara lain menyediakan peluang untuk bekerja dalam aplikasi dalam sistem pembayaran, untuk mengembangkan pendidikan tentang teknologi di masyarakat dan memudahkan dalam pembayaran tidak perlu antrian dalam berbagai pembayaran transaksi dan mendapatkan bonus. Penelitian ini bertujuan untuk Deskripsi faktor penyebab masyarakat tidak menggunakan layanan E-loket . Teori yang digunakan adalah Teori Neil Smelser tentang faktor penyebab perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 23 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu: (1) wawancara mendalam (2) observasi non partisipan (3) studi dokumen. Unit analisis adalah kelompok yaitu masyarakat tidak menggunakan layanan E-loket di Nagari Sungai Aur. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari 4 tahap (1) Pengumpulan Data (2) Reduksi Data (3) Penyajian Data (4) Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada beberapa faktor penyebab masyarakat tidak menggunakan layanan E-loket diantaranya (1) Adanya Kompetitor, adnya persaingan dalam pembayaraan di antara adanya Bank BRI, Brilink BRI, dan Pos. masyarakat lebih kebayakan membayar tagihan ke Bank.(2) Administrasi E-loket, dengan tetap admistrasi Bank masyarakat lebih terbiasa membayar ke Bank, Bank dekat dengan pasar sekalian berbelanja kebutuhan bisa membayar tagihan. (3) Minim sosialisasi Produk E-loket, sosialisasi kurang ke masyarakat karena tidak banyaknya spanduk yang dipajang karena masyarakat kurang tau manfaat E-loket. (4) dan pengaruh jaringan bagi Aplikasi E-loket, jaringan kurang stabil maka adanya kendala masyarakat mengeluh dalam pembayaran tagihan. masyarakat sudah sampai ke E-loket tidak bisa membayar tagihan dikarenakan kurang stabil jaringan. Kata Kunci : Masyarakat, Layanan E-loket.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 May 2020 06:59
Last Modified: 29 May 2020 06:59
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8524

Actions (login required)

View Item View Item