Peran LSM FORSIS (Fort De Kock Society In Social) dalam Penjangkauan Kelompok Beresiko HIV/AIDS Seperti Kelompok LGBT dan PENASUN kota Padang

Anggun, Mustika Yanti (2018) Peran LSM FORSIS (Fort De Kock Society In Social) dalam Penjangkauan Kelompok Beresiko HIV/AIDS Seperti Kelompok LGBT dan PENASUN kota Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
14070189 ANGGUN MUSTIKA YANTI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

LSM merupakan organisasi yang bergerak di bidang tertentu yang ditetapkan oleh organisasi/lembaga sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu LSM yang ada yaitu FORSIS yang bergerak dalam bidang penjangkaunan kelompok beresiko HIV/AIDS untuk menanggulangi penyebaran HIV/AIDS di kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran FORSIS dalam penjangkauan kelompok beresiko HIV/AIDS di kota Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumen. Selain itu pemilihan informan adalah purposive sampling, yang terdiri dari informan yang dianggap mengetahui tentang peran FORSIS dalam penjangkauan kelompok beresiko HIV/AIDS. Subyek dalam penelitan ini adalah masyarakat kota Padang yaitu pengurus FORSIS, kelompok LGBT, pengurus taratak jiwa hati, dan LGBT dengan HIV berjumlah Sembilan informan. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu mendeskripsikan peran FORSIS dalam penjangkauan kelompok beresiko HIV/AIDS. Ada Tiga peran FORSIS yaitu melakukan sosialisasi, mengajak VCT kelompok LGBT dan PENASUN dan melakukan kerjasama dengan Taratak Jiwa Hati untuk mendampingi ODHA. Sebelum melakukan penjangkauan ada proses yang direncanakan untuk melakukan penjangkauan. LSM ini secara keseluruhan berperan dalam meningkatkan pengetahuan komunitas melalui sosialisasi, selanjutnya mengajak VCT untuk mengetahui status diri sehingga bisa menanggulangi penyebaran virus dan LSM juga melakukan kerja sama dengan LSM taratak jiwa hati mendampingi ODHA. Dapat disimpulkan bahwa LSM FORSIS ini berperan penting dalam memberikan penyuluhan-penyuluhan, mengajak VCT dan bekerja sama dengan LSM yang khusus pendampingan untuk penanggulangan dan pencegahan penularan HIV/AIDS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 27 Jul 2018 03:20
Last Modified: 27 Jul 2018 03:20
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item