Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik Kelas XII di SMA PGRI 1 Padang

Pebrianti, Amelia (2019) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik Kelas XII di SMA PGRI 1 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
PEBRIANTI AMELIA 15060038 (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki perilaku belajar yang kurang baik seperti, adanya peserta didik yang tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung, adanya peserta didik sulit memahami pelajaran sehingga menyebabkan proses pembelajaran kurang kondusif. Penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perhatian orang tua, 2) Perilaku belajar peserta didik, 3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu berjumlah 126 peserta didik. Pengambilan sampel diambil secara propotional random sampling dengan jumlah 96 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan interval skor, Uji t dan r2. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik kelas XII di SMA PGRI 1 Padang diperoleh data sebagai berikut: 1) Perhatian orang tua berada pada kategori tinggi 2) Perilaku belajar berada pada kategori baik, 3) Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu kelas XII SMA PGRI 1 Padang dengan jumlah 126 peserta didik. Teknik pengambilan sampel diambil secara propotional random sampling dengan jumlah 96 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan interval skor, uji t dan R2. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik kelas XII di SMA PGRI 1 Padang diperoleh data sebagai berikut: 1) Perhatian orang tua terhadap peserta didik berada pada kategori tinggi, 2) Perilaku belajar peserta didik berada pada kategori baik, 3) Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik. Penelitian ini direkomendasikan kepada oarng tua hendaknya lebih memperhatikan kebutuhan anaknya berupa kasih sayang, kebutuhan fisik dan kebutuhan psikis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:46
Last Modified: 30 Apr 2020 04:46
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item View Item