Pembagian Kerja Perempuan Pencari Batu di Lokasi Penggalian Batu Sepanjang Aliran Sungai Nagari Ganggo Mudiak Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman)

Faisal, Faisal (2018) Pembagian Kerja Perempuan Pencari Batu di Lokasi Penggalian Batu Sepanjang Aliran Sungai Nagari Ganggo Mudiak Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Dfatar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
13070239 FAISAL ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di lokasi penggalian batu yang berada di sepanjang aliran sungai. Penggalian batu yang dilakukan di sepanjang aliran sungai ini banyak dijumpai para kaum perempuan yang juga ikut serta bekerja sebagai pencari batu. Berdasarkan hasil observasi, pekerjaan sebagai pencari batu yang dilakukan oleh para kaum perempuan ini terdapat di Nagari Ganggo Mudiak Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembagian kerja perempuan pencari batu. Teori yang digunkan dalam penelitian ini adalah teori strukturl fungsional yang dijelaskan oleh Talcott Parson. Struktural fungsional Talcott Parson ini akan dimulai dengan empat fungsi penting untuk semua sistem yang harus dipenuhi oleh sistem sosial dikenal dengan skema AGIL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tipe deskriptif. Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Wawancara dilakukan dengan sebannyak 13 orang, informan dalam penelitian ini diambil dengan menggunkan teknik purposive sampling. Model analisis data yaitu melalui tahap pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneilitian menunjukkan bahwa didalam melakukan pekerjaan sebagai pencari batu, para kaum perempuan pencari batu melakukannya secara berkelompok. Didalam kelompok perempuan pencari batu tersebut terdapat pembagian kerja yang sudah mereka tentukan, yaitu adanya tiga jenis pembagian kerja yaitu sebagai pencari batu didalam sungai, pengangkut batu, dan tukang muek batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 27 Jul 2018 02:09
Last Modified: 27 Jul 2018 02:09
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item