Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi, Citra Merek, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kabupaten Solok

Rifda, Hanifah (2019) Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi, Citra Merek, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kabupaten Solok. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
15090163-RIFDA HANIFAH (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang sudah dan yang akan membeli produk minuman susu fermentasi Yakult yang berjumlah 120 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Penelitian menemukan bahwa: Pertama, Harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kabupaten Solok dengan koefisien regresi sebesar 0,215. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai 3,467> t tabel sebesar 1,660 dengan nilai signifikan 0,000< = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara hargaterhadap minat beli. Kedua, Kualitas Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kabupaten Solok dengan koefisien regresi sebesar 0,109 Nilai koefisien ini signifikan karena nilai nilai t hitung 3,268 > t tabel 1,660 dengan taraf signifikan sebesar 0,001 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kualitas produk terhadap minat beli. Ketiga, Promosi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kabupaten Solok dengan koefisien regresi sebesar 0,133. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai t hitung 2,666 ≥ nilai t tabel 1,660 dengan taraf signifikan sebesar 0,009 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Promosi terhadap minat beli. Keempat, Citra Merek (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kabupaten Solok dengan koefisien regresi sebesar sebesar 0,235, Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,025 ≥ nilai ttabel 1,660, dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Citra Merek terhadap minat beli. Kelima, Kesadaran Merek (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kabupaten Solok dengan koefisien regresi sebesar sebesar 0,146. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,961 ≥ nilai t tabel 1,660, dengan taraf signifikan sebesar 0,004 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Kesadaran Merek terhadap minat beli. Keenam, Harga, Kualitas Produk, Promosi, Citra Merek dan Kesadaran Merek secara bersamaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli Minuman Susu Fermentasi Yakult di Kabupaten Solok dengan nilai Fhitung50,395 > F tabel 2,45 dengan taraf signifikan 0,000 < = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, Hasil penelitian ini bahwa pihak manajemen dapat memberikan informasi mengenai minat beli. 1) Menyajikan informasi yang jelas terkait dengan kandungan, dan manfaat apa saja yang terdapat dalm susu fermentasi Yakult kepada konsumen. 2). Menyajikan informasi yang lebih jelas kepada konsumen tentang manfaat manfaat yang ada dalam susu fermentasi yakult sehingga konsumen yang akan membeli tidak meragukan kualitas dari susu fermentasi yakult itu sendiri. 3). Pihak Yakult dalam menyajikan promosi kepada masyarakat supaya dapat memilih waktu promosi yang tepat agar semua masyarakat dapat mengetahui informasi dari promosi yang dilakukan aoleh Yakult. 4). Yakult yang hanya konsisten pada satu rasa diharapkan untuk waktu yang akan datang dapat mengeluarkan rasa yang berbeda pada produknya. 5). Penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Kualitas Produk (X2), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Daya Tahan, maka diharapkan kepada konsumen untuk menyimpan yakult ditempat yang dingin agar tahan lama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 26 Feb 2020 02:58
Last Modified: 26 Feb 2020 02:58
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8243

Actions (login required)

View Item View Item