Pengaruh Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasaan Pasien BPJS Kesehatan Pengguna Layanan Jasa Primer Pada Puskesmas Nanggalo Padang

Rahmatika, Saputri (2019) Pengaruh Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasaan Pasien BPJS Kesehatan Pengguna Layanan Jasa Primer Pada Puskesmas Nanggalo Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
RAHMATIKA SAPUTRI (15090150) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh tangible terhadap kepuasan pasien 2) pengaruh emphaty terhadap kepuasan pasien, 3) pengaruh Reliabilityb terhadap kepuasan pasien 4) pengaruh Responsiveness terhadap kepuasan pasien 5) pengaruh assurance terhadap kepuasan pasien 6) pengaruh tangible, emphaty, reliability, responsivenness dan assurance secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif assosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS Kesehatan pengguna layanan jasa primer pada Puskesmas Nanggalo Padang. Teknik pengambilan sampel dengan accidentail sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 pasien. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,553. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai t hitung 2,773 > t tabel sebesar 1,65833. Artinya apabila tangible meningkat sebesar satu satuan, maka kepuasan pasien meningkat sebesar 0,553 dalam setiap satuannya. Kedua emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,691. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai t hitung 3,447 > t tabel sebesar 1,65833. Artinya apabila emphaty meningkat sebesar satu satuan, maka kepuasan pasien meningkat sebesar 0,691 dalam setiap satuannya. Ketiga promosi reliability ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,817. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai t hitung 3,111 > t tabel sebesar 1,65833. Artinya apabila reliability meningkat sebesar satu satuan, maka kepuasan pasien meningkat sebesar 0,817 dalam setiap satuannya. Keempat responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,825. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai t hitung 3,309 > t tabel sebesar 1,65833. Artinya apabila responsiveness meningkat sebesar satu satuan, maka kepuasan pasien meningkat sebesar 0,326 dalam setiap satuannya. Kelima assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,729. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai t hitung 3,375 > t tabel sebesar 1,65833. Artinya apabila responsiveness meningkat sebesar satu satuan, maka kepuasan pasien meningkat sebesar 0,729 dalam setiap satuannya. Keenam , emphaty, reliability, responsivenness dan assurance secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimana diperoleh nilai F hitung 114,966 > F tabel 2,29 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk meningkatkan kepuasan pasien harus meningkatkan emphaty, reliability, responsivenness dan assurance pelayanan terhadap pasien BPJS Kesehatan pengguna layanan jasa primer pada Puskesmas Nanggalo Padang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:55
Last Modified: 26 Feb 2020 01:56
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8239

Actions (login required)

View Item View Item