Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Budaya Sekolah, dan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 12 Padang

Frengki, Gusdi Putra (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Budaya Sekolah, dan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 12 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
SKRIPSI FRENGKI GUSDI PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V PENUTUP.pdf

Download (121kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: 1) kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman siswa, 2) perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman siswa, 3) budaya sekolah terhadap tingkat pemahaman siswa, 4) media pembelajaran terhadap tingkat pemahaman siswa 5), kecerdasan emosional, perilaku belajar, budaya sekolah dan media pembelajaran secara bersama- mempengaruhi tingkat pemahaman siswa . Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 12 Padang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling atau sampel berstrata kelompok sampel pendidikanorang tua siswa tinggi dan rendah yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 84 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh : Pertama kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman siswaPengaruh yang lebih besar terdapat kelompok sampel pendidikan rendah dibandingkan dengan pendidikan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien masing-masing sebesar 0,137350 dan 0,137350. Artinya jika kecerdasan emosional meningkat sebesar satu satuan tingkat pemahaman siswa juga akan meningkat sebesar 0,137350 dan 0,137350. Dengan nilai thitung masing-masing 2,551227 > ttabel 1,69092 dan 3,26482 > ttabel 1,68358 yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Kedua perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa. Pengaruh yang lebih besar terdapat kelompok sampel pendidikan tinggi dibandingkan dengan pendidikan rendah yang ditunjukkan oleh nilai koefisien masing-masing sebesar 0,172748 dan 0,169640. Artinya jika perilaku belajar meningkat sebesar satu satuan tingkat pemahaman siswa juga akan meningkat sebesar 0,172748 dan 0,169640. Dengan nilai thitung masing-masing 2,320327 > ttabel 1,69092 dan 2,242123 > ttabel 1,68358 yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Ketiga budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa. Pengaruh yang lebih besar terdapat kelompok sampel pendidikan rendah dibandingkan dengan pendidikan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien masing-masing sebesar 0,228724 dan 0,247285. Artinya jika budaya sekolah meningkat sebesar satu satuan tingkat pemahaman siswa juga akan meningkat sebesar 0,228724 dan 0,247285. Dengan nilai thitung masing-masing 2,469330 > ttabel 1,69092 dan 2,614595 > ttabel 1,68358 yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Keempat media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa. Pengaruh yang lebih besar terdapat kelompok sampel pendidikan rendah dibandingkan dengan pendidikan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien masing-masing sebesar 0,314798 dan 0,324183. Artinya jika media pembelajaran meningkat sebesar satu satuan tingkat pemahaman siswa juga akan meningkat sebesar 0,314798 dan 0,324183. Dengan nilai thitung masing-masing 2,952930 > ttabel 1,69092 dan 3,186541 > ttabel 1,68358 yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Kelima kecerdasan emosional, perilaku belajar, budaya sekolah dan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh signifikan tingkat pemahaman siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 12 Padang. Hal ini dapat dilihat pada Tabel f yang menyatakan bahwa nilai Fhitung 86,93374 > Ftabel 2,49 dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa yang lebih baik harus meningkatkan kecerdasan emosional, perilaku belajar, budaya sekolah dan media pembelajaran siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:16
Last Modified: 20 Feb 2020 03:16
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8222

Actions (login required)

View Item View Item