Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017

Wiwi, Angraini (2019) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
2. WIWI ANGRAINI (15090071) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
4. WIWI ANGRAINI (15090071) ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Kesimpulan)
5. WIWI ANGRAINI (15090071) BAB PENUTUP.pdf

Download (191kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
6. WIWI ANGRAINI (15090071) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: Pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, pertumbuhan penjualan dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017 secara parsial dan bersama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) analisis deskriptif, (2) uji regresi data panel, (3) uji asumsi klasik, (4) koefisien determinasi, (5) uji hipotesis. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil uji t bahwa variabel (1) Profitabilitas berdampak positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil koefisiensi bernilai positif 0,355735. Nilai tstatistik sebesar 2.582230 > dari ttabel sebesar adalah 1.67655. (2) Leverage tidak berdampak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisiensi bernilai positif 0.197332. Nilai tstatistik sebesar 0.330368 < dari ttabel sebesar adalah 1.67655. (3) Likuiditas tidak berdampak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisiensi bernilai negaatif -0.045748. Nilai tstatistik sebesar -0.095316 < dari ttabel sebesar adalah 1.67655. (4) Pertumbuhan penjualan tidak berdampak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisiensi bernilai negatif -0.029739. Nilai tstatistik sebesar -0.620062 < dari ttabel sebesar adalah 1.67655. (5) Kepemilkan institusional tidak berdampak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisiensi bernilai negatif -0.067700. Nilai tstatistik sebesar -0.404276 < dari ttabel sebesar adalah 1.67655. (6) Hasil pengujian uji F bahwa variabel profitabilitas, leverage, likuiditas, pertumbuhan penjualan, dan kepemilikan institusional secara bersama-sama berdampak terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil Fhitung sebesar 21.73806 dan Ftabel sebesar 2,40. Dengan demikian terlihat hasil yang diperoleh Fhitung>Ftabel atau 21.73806 >2,40 dan nilai signifikan sebesar 0.000000<0,05 maka keputusannya H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hasil dari pengujian determinasi menggunakan R-square menunjukkan 0,852084. Hal ini mengidentifikasi bahwa kontribusi veriabel independen terhadap variabel dependen 85,20% sedangkan sisanya 14,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah penulis uraikan, maka untuk meningkatkan nilai perusahaan lebih baik untuk masa yang akan datang penulis menyarankan bagi perusahaan sub sektor makanan dan minuman untuk meningkatkan Profitabilitas, leverage, Likuiidtas, Pertumbuhan Penjualan, dan Kepemilikan Institusional agar dapat meningkatkan nilai perusahaan yang lebih baik. Dimana nilai perusahaan merupakan tujuan jangka panjang dari sebuah perusahaan selain laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:58
Last Modified: 18 Feb 2020 07:58
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8206

Actions (login required)

View Item View Item