Model Media Pembelajaran Berbentuk Komik Sejarah Berbasis Information Technology (IT) Pada Materi Proses Masuk Dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Eropa Di Indonesia Pada Siswa Kelas XI

Lilis, Hutria (2019) Model Media Pembelajaran Berbentuk Komik Sejarah Berbasis Information Technology (IT) Pada Materi Proses Masuk Dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Eropa Di Indonesia Pada Siswa Kelas XI. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
lilis hutria 15020017(skripsi).pdf OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK-dikonversi (2).pdf

Download (34kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V...pdf

Download (154kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian pengembangan model media pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa dalam belajar sejarah yang dipengaruhi oleh keterbatasan media pembalajaran. Guru perlu menggunakan sumber lainnya sebagai penunjang proses pembelajaran. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model media pembelajaran berbentuk komik sejarah berbasis Information Technology (IT) pada materi proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia pada siswa kelas XI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model media pembelajaran berbentuk komik sejarah berbasis Information Technology (IT) pada materi proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia pada siswa kelas XI. Metode Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang merupakan singkatan dari Analys (Analisis Kebutuhan, Analisis Kurikulum, Analisis Karakter Peserta Didik), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Implementasi (Uji Coba Terbatas), and Evaluate (Revisi Terakhir). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Uji Coba terbatas pada sekolah yang ditunjuk untuk tempat penelitian (Implementasi ). Hasil dari penelitian ini sebagai berikut pertama, uji validitas kelayakan isi, dan kelayakan kegrafikaan 90,38% kategori (Sangat Valid) ditinjau dari aspek kemudahan penggunaan, dan kesesuaian dengan waktu. Kedua, uji praktikalitas praktis Guru dengan kategori sangat praktis, yaitu dari hasil rata-rata uji praktikalitas 81,25 % ditinjau dari aspek kemudahan dalam penggunaan media pembelajaran komik dan kesesuaian dengan waktu. Ketiga, hasil praktikalitas siswa dari aspek kemudahan dalam penggunaan media pembelajaran komik dan kesesuaian dengan waktu 85,54 % dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan adalah pengembangan model pembelajaran komik sejarah yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 14 Feb 2020 00:56
Last Modified: 14 Feb 2020 01:46
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8161

Actions (login required)

View Item View Item