Pengaruh Program Full Day school Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Mukomuko

Riski, Juwita (2019) Pengaruh Program Full Day school Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Mukomuko. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
2. RISKI JUWITA (15020002) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
4. RISKI JUWITA (15020002) ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text (Kesimpulan)
5. RISKI JUWITA (15020002) PENUTUP.pdf

Download (85kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
6. RISKI JUWITA (15020002) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

latar belakang Masalah dalam penelitian ini adalah adanya program baru yang diterapkan oleh pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan jadwal sekolah yang dimulai dari pukul 7.30-16.00 dan juga di pengaruhi oleh jadwal antara pembelajaran sejarah wajib dan peminatan berurutan yang menimbulkan rasa bosan terhadap siswa dalam belajar sejarah. Rumusan adalah apakah ada pengaruh program Full Day school terhadap motivasi belajar sejarah peserta didik kelas XI SMAN 1 Mukomuko kabupaten Mukomuko.Tujuan untuk mendapatkan data dan informasi apakah ada pengaruh motivasi belajar sejarah peserta didik kelas XI SMAN 1 Mukomuko dengan adanya program Full Day school. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di SMAN 1 Mukomuko pada tahun pelajaran 2019/2020. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 110 peserta didik yang meliputi kelas XI IPS1, XI IPS2, XI IPS3,XI IPS4, dan sampel dalam penelitian ini adalah 52 peserta didik. Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa koesioner dan dokumentasi dan data sekunder berupa arsip yag diperoleh dari pihak sekolah seperti tata usaha di SMAN 1 Mukomuko. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh program Full Day school terhadap motivasi belajar sejarah peserta didik SMAN 1 Mukomuko menunjukkan bahwa program Full Day school kurang mempengaruhi motivasi belajar sejarah peserta didik kelas XI SMAN 1 Mukomuko yang dilihat dari motivasi instrinsik yang tergolong dari minat, perhatian dan ketajaman, konsentrasi dan ketekunan dan ekstrinsik yang tergolong dari penghargaan, pemberitahuan kemajuan belajar, sarana dan prasarana, hukuman. Dapat dilihat dari hasil dari olahan data persentase yang di dapatkan oleh peneliti dari jawaban responden yang di teliti yaitu 52 responden terdapat 31% menjawab sangat setuju,40% menjawab setuju,15% menjawab tidak ragu-ragu,10% menjawab tidak setuju dan 4% menjawab sangat tidak setuju.Jadi dari hasil olahan data yang penulis lakukan maka dapat di simpulkan hasil yang diperoleh oleh penulis berdasarkan ketercapaian berdasarkan teknik olahan data maka terdapat 40% menjawab setuju dengan adanya program Full Day school mempengaruhi tingkat motivasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mukomuko berada di ketercapaian persentasi kurang berpengaruh program Full Day school terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mukomuko. (Arikunto:2008,54).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:27
Last Modified: 13 Feb 2020 04:27
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8155

Actions (login required)

View Item View Item