Pengaturan Pola Regulasi Tempat Duduk Dan Aktifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MIPA-3 di SMA Negeri 5 Padang. Program Studi Pendidikan Sejarah

Rispa, Pratama (2019) Pengaturan Pola Regulasi Tempat Duduk Dan Aktifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MIPA-3 di SMA Negeri 5 Padang. Program Studi Pendidikan Sejarah. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
2. RISPA PRATAMA (15020027) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
4. RISPA PRATAMA (15020027) ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (Kesimpulan)
5. RISPA PRATAMA (15020027) BAB PENUTUP.pdf

Download (283kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
6. RISPA PRATAMA (15020027) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pola regulasi tempat duduk dan aktifitas belajar siswa kelas X MIPA-3 SMA N 5 Padang. Berdasarkan pengamatan peneliti pada tanggal 1 Agustus sampai 17 September 2018 disaat melangsungkan Praktik Lapangan Kependidikan, di temukan fenomena bahwa dalam proses pembelajaran berlangsung ditemukan beberapa pola regulasi tempat duduk yang di pakai yang tepat mempengaruhi aktifitas belajar siswa yang berada di kelas. Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut. (1) Pola-pola tempat duduk apa saja yang digunakan di kelas X MIPA-3. (2) Bagaimana pula aktifitas belajar siswa berdasarkan pola regulasi tempat duduk selama pelajaran sejarah di kelas X MIPA-3. (3) Bagaimana dampak pola regulasi tempat duduk terhadap aktifitas belajar di kelas XMIPA-3. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pola regulasi tempat duduk kelas X MIPA-3, (2) Menjelaskan aktifitas belajar siswa berdasarkan regulasi tempat duduk kelas X MIPA-3, dan (3) Merumuskan dampak pola regulasi tempat duduk terhadap aktifitas belajar siswa kelas XMIPA-3 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan uraian mengenai fenomena atau gejala sosial. Pemilihan informan ditentukan dengan memilih siswa di kelas X MIPA-3 SMA N 5 Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan ada empat macam pola regulasi tempat duduk sebagian berikut: (1) pola regulasi tempat duduk tapal kuda, (2) pola regulasi tempat duduk berderet kebelakang, (3) pola regulasi tempat duduk leter U, dan (4) pola regulasi berkelompok. Keempat pola regulasi tempat duduk di atas, setelah dianalisis, maka ditemukan pengaruh dalam hal (1) pola regulasi tempat duduk tapal kuda siswa cendrung melakukan aktifitas belajar membaca, (2) pola regulasi tempat duduk “berderet ke belakang” siswa cendrung melakukan aktifitas belajar mendengar, (3) pola regulasi tempat duduk “leter U” siswa cendrung melakukan aktifitas belajar bertanya, (4) pola regulasi tempat duduk “berkelompok” siswa cendrung melakukan aktifitas belajar menulis. Kesimpulan pola regulasi tempat duduk memegang peranan peting dalam proses pembelajaran di kelas, karena berdampak terhadap aktifitas belajar siswa. Menentukan pola regulasi tempat duduk harus tepat dengan aktifitas siswa yang guru inginkan untuk suasana di kelas, pola reglasi tempat duduk sangat berperan penting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:31
Last Modified: 13 Feb 2020 03:31
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8153

Actions (login required)

View Item View Item