Penolakan Masyarakat Terhadap PT. Dempo Sumber Energi Di Nagari Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

Nurul, Rifqi Amalyah (2018) Penolakan Masyarakat Terhadap PT. Dempo Sumber Energi Di Nagari Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
13070127 NURUL RIFQI AMALYAH ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masuknya PT. Dempo Sumber Energi untuk pembangunan PLTM (Pembangkit Tenaga Listrik Minihidro) yang tidak diketahui oleh masyarakat luas serta dalam proses izin pembanggunanya tidak melibatkan Rajo Adat Sultan Pariaman sebagai pimpinan Nagari Pelangai Gadang hal demikian menimbulakan kecurigaan masyarakat bahwasanya perusahaan telah melakukan penyalahgunaan izin PLTM untuk tambang emas di Nagari pelangai Gadang dengan begitu masyarakat melakukan penolakan terhadap PT. Dempo Sumber Energi. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan gambaran umum Penolakan masyarakat terhadap PT. Dempo Sumber Energi di Nagari Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. 2) Mendeskripsikan strategi penolakan masyarakat terhadap PT. Dempo Sumber Energi di Nagari Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Teori yang digunakan adalah teori Gerakan sosial Repertoire yang dipelopori oleh Chales Tilly. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah delapan orang. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan sekunder, dengan teknikn pengumpulan data observasi dan wawancara. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kelompok. Dengan model analisis data interaktif (Miles dan Hubermen). Gambaran umum penolakan yang dilakukan masyarakat terdiri dari 2 hal yaitu: 1. Melakukan Demontrasi di tempat pekerjaan pengeboran dan mengusir para pekerja tenaga asing selanjutnya dirumah wali nagari yang berhenti dengan meminta agar pekerjaan diberhentikan sebulum adanya kejelasan dengan masyarakat yang banyak dan pimpinan nagari Pelangai Gadang. Stategi penolakan terhadap PT. Dempo Sumber Energi adalah 1. Penyebaran wacana yang dilakukan oleh sekelompok pemuda yang berfikir bahwa dengan tidak diikutsertakanya rajo adat sebagai pimpinan nagari dalam izin pembangunan mencurigai bahwasanya ada penyalahgunaan izin pembangunan PLTM untuk pertambangan emas di Nagari Pelanagai gadang lalu mengajak seluruh masyarakat dengan menandatangaini surat penolakan masyarakat terhadap PT. Dempo Sumber Energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 26 Jul 2018 01:35
Last Modified: 26 Jul 2018 01:35
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item