Pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru sejarah di SMA Negeri 5 Padang

Febi, Eldichia Sandy (2015) Pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru sejarah di SMA Negeri 5 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumbar.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10020004 FEBY ELDICHIA SANDY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (279kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (275kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 5 Padang, tidak masuk tanpa izin, keluar ketika jam belajar, cabut dan terlambat. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada Pelaksanaan Pendidikan Karakter oleh Guru Sejarah di SMA Negeri 5 Padang.Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru sejarah dalam pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif.Penelitian dilakukan di SMA N 5 Padang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015- 2016.Informan penelitian adalah guru sejarah SMA Negeri 5 Padang, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan siswa SMA 5 Negeri Padang.Analisis menggunakan teknik analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Negeri 5 Padang yaitu membaca Al Qur’an dan asmaul husna setiap pagi dan melaksanakan shalat zuhur berjamaah, memberikan tugas kepada siswa, memberi pengarahan untuk jujur dalam mengerjakan tugas, ketika bertemu guru atau berpapasan siswa selalu tersenyum dan menyapa guru, meminjamkan teman lupa membawa buku pelajaran, bergotong royong bersama-sama membersihkan lokalmasing-masing, disuruh ke depan kelas untuk membacakan hasil diskusi, bersikap baik dan tidak sombong kepada teman, memberikan arahan untuk tidak meniru perbuatan yang tercela, dan menuntun siswa untuk selalu berprilaku yang baik terhadap sesama teman dan 2) Kendala guru dalam pelaksanaan penidikan karakter diantaranya masih ada siswa yang tidak mengikuti shalat berjamaah dan membuang sampah sembarangan, siswa tidak mengerjakan tugas, mencontek ketika ulangan, tidak menyalami guru ketika jam akhir pelajaran, tidak mau membayar uang kas dan tidak mau membersihkan kelas, tidak percaya diri pada saat disuruh membacakan hasil diskusi di depan kelas, masih berperilaku kurang baik pada teman dan masih membantah hasil diskusi dengan cara mempertahankan pendapat sendiri. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Negeri 5 sudah baik tetapi banyak kendala dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 18 Dec 2019 04:09
Last Modified: 18 Dec 2019 04:09
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7908

Actions (login required)

View Item View Item