Sikap Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMAN 1 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai

Trisnawati, Trisnawati (2015) Sikap Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMAN 1 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumbar.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
09020114 TRISNAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (179kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap peserta didik di kelas XI IPS di SMAN 1 Sipora di kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini permasalahannya adalah bagaimanakah sikap peserta didik dalam pelajaran sejarah. Sikap dari seseorang akan mempengaruhi prilakunya terhadap objek. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan sikap belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 1 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap peserta didik dalam pelajaran sejarah di kelas XI IPS di SMAN 1 Sipora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah siswa bidang studi kelas XI IPS. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu bersumber dari siswa kelas XI IPS. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling dengan mengambil 10% dari populasi, sehingga didapatkan sampel kelas XI sebanyak 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Teknik analisa data adalah analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: sikap kejujuran sebesar 40,63% dapat disimpulkan bahwa sikap kejujuran siswa dalam klasifikasi sedang, sikap disiplin 40,65% , sikap tanggung jawab 49,11%, sikap gotong royong sebesar 51,22%, sikap santun 37,26%, dan sikap percaya diri sebesar 43,33%. Dapat disimpulkan bahwa sikap belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA N 1 Sipora adalah cukup baik, dimana rata-rata dari keseluruhan peserta didik yang menjawab angket penelitian sebesar 41,18% dengan jawaban sangat setuju. Hal ini sangat membuktikan bahwa sikap peserta didik di kelas XI IPS ini tidak begitu jelek dan tidak juga begitu berlebihan disaat mengikuti proses belajar pada mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:20
Last Modified: 18 Dec 2019 03:20
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7904

Actions (login required)

View Item View Item