Upaya Pihak Sekolah Dalam Menangani Konflik Pada Siswa Berbeda Etnis di SMA N 1 Sungai Rumbai. Program Studi Pendidikan Sosiologi.

Hazena, Zarwegi (2018) Upaya Pihak Sekolah Dalam Menangani Konflik Pada Siswa Berbeda Etnis di SMA N 1 Sungai Rumbai. Program Studi Pendidikan Sosiologi. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstark.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
13070057 HAZENA ZARWEGI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang berbeda etnis melakukan konflik etnis di sekolah, konflik etnis suatu bentuk pertentangan yang di hasilkan oleh individu maupun kelompok yang berbeda etnis, ras, agama, golongan karena mereka memiliki perbedaan sikap, kepercayaan, nilai-nilai atau kebutuhan dan pemberian simbol-simbol kebudayaan yang dipicu oleh dampak keterusikan atas harga diri, keterbelakangan budaya, keterasingan yang disebabkan oleh adanya ancaman terhadap budaya etnis yang dipicu oleh diskriminasi dan buruk sangka. Berdasarkan permasalahan, maka penelitian ini bertujuan bagaimana upaya pihak sekolah dalam menangani konflik pada siswa berbeda etnis di SMA N 1 Sungai Rumbai. Teori yang digunakan yaitu teori konflik. Metode penelitian ini ada kualiatif dengan tipe penelitian deskriptif, teknik pengambilan datanya adalah purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam serta studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis dari Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian upaya pihak sekolah dalam menangani konflik pada siswa berbeda etnis di SMA N 1 Sungai Rumbai penelitian ditemukan yaitu (1). Memberikan teguran, melalui tatap muka dengan bimbingan langsung kepada siswa, pembinaan dalam bentuk nasihat dan meminta siswa untuk saling meminta maaf. (2). Pemberian sanksi melakukan penggurangan point yang dimiliki siswa dan membuat surat perjanian. (3). Memberikan Sosialisasi memberikan penyuluhan dikelas maupun saat kultum guru menyampaikan agar siswa menghilangkan sifat mencela, saling menghormati dan hidup rukun. (4) Melaksanakan kegiatan yang bersifat membangun nilai kebersamaan antar siswa melaksanakan adanya kegiatan gotong royong, makan bersama dikelas, mengadakan organisasi sekolah seperti PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 24 Jul 2018 03:21
Last Modified: 24 Jul 2018 03:21
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item