Motif Kebiasaan Merokok Dikalangan Pelajar (Studi kasus: Pelajar SMP dan SMA di Jorong Balai Tangah Nagari Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya

Suci, Vabriany (2018) Motif Kebiasaan Merokok Dikalangan Pelajar (Studi kasus: Pelajar SMP dan SMA di Jorong Balai Tangah Nagari Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
13070045 SUCI VEBRIANY ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelajar yang merokok, seharusnya seorang pelajar tidak merokok karena tugas utama sebagai pelajar yaitu belajar dan mematuhi larangan yang terdapat di sekolah tetapi kenyataannya seorang pelajar masih merokok tanpa diketahui oleh guru maupun orang tuanya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motif merokok bagi pelajar di Jorong Balai Tangah, Nagari Sungai Rumbai,Kabupaten Dharmasraya. Teori yang di gunakan adalah teori fenomenologi oleh Alfred Schutz yang terkait dengan Motive. Dalam teori ini Schutz menyebutkan ada dua yang terkait dengan motivasi yaitu Because motive dan In order motive. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah 17 orang. Jenis data yang digunakan berupa data primer dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumen. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu. Dengan model analisis data interaktif (Miles dan Huberman). Hasil penelitian ini menunjukan motif kebiasaan merokok dikalangan pelajar di Jorong Balai Tangah, Nagari Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Kebiasaan merokok dikalangan pelajar terjadi karena beberapa hal, seperti (a) Mencontoh anggota keluarga seorang anak cenderung meniru kebiasaan perilaku anggota keluargannya, (b) Keinginan diri sendiri seseorang remaja/pelajar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu hal seperti halnya merokok, (c) Mencontoh teman sebaya atau senior seorang pelajar cenderung meniru apa yang dilakukan temannya seperti halnya melihat temannya merokok (d) Lingkungan tempat tinggal mereka merokok sudah menjadi hal biasa dan tidak asing lagi bagi masyarakat. Menurut mereka ada beberapa tujuan dari merokok yang mereka lakukan (a) Meningkatkan rasa percaya diri, pelajar berpersepsi bahwa tidak merokok mereka tidak keren, (b) Bentuk mencapai solidaritas, pelajar tersebut merasa senasib dan seperjuangan seperti halnya cabut dan merokok bersama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 24 Jul 2018 03:01
Last Modified: 24 Jul 2018 03:01
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item