Nilai-Nilai Pendidkan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Novel Cerita Dari Digul Karya Pramoedya Ananta Toer

Ardha, Diva Prawira (2019) Nilai-Nilai Pendidkan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Novel Cerita Dari Digul Karya Pramoedya Ananta Toer. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumbar.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14080259 ARDHA DIVA PRAWIRA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikannilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita novel Cerita Dari Digul karya Pramoedya Ananta Toer. Nilai-Nilai tersebut adalah (1) Relegius, (2) Toleran, (3) Kerja Keras, (4) Kreatif, (5) Demokrasi, (6) Rasa Ingin Tahu, (7) Semangat Kebangsaan, (8)Bersahabat/Komunikatif, (9) Cinta Damai, (10) Peduli Sosial, (11) Tangung Jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, dan dialog yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita novel Cerita Dari Digul Karya Pramoedya Ananta Toer. Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter tokoh yang berhubungan dengan : (1) Relegius Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain, (2) Toleran Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya, (3) Kerja Keras perilaku yang menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik baiknya,(4) Kreatif Berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki , (5) Demokrasi merupakan cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain, (6) Rasa Ingin Tahu merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluar dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar , (7) Semangat Kebangsaan cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan kelompoknya, (8) Bersahabat/Komunikatif merupakan tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul dan bekerja sama dengan orang lain, (9) Cinta Damai merupakan sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya, (10) Peduli Sosial merupakan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberikan bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan, (11) Tangung Jawab meupakan sikap dan perilaku seseorang untuk melasakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara dan Tuhan yang Maha Esa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:42
Last Modified: 04 Sep 2019 04:42
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7252

Actions (login required)

View Item View Item