Pertukaran Asimetri Dalam Kehidupan Masyarakat Nelayan (StudiKasus: Nelayan Puekek di Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan)

Agra, Pratama Saputra (2018) Pertukaran Asimetri Dalam Kehidupan Masyarakat Nelayan (StudiKasus: Nelayan Puekek di Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
13070013 AGRA PRATAMA SAPUTRA Ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi letak geografis Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan yang dekat dari laut. Hal tersebut membuat masyarakat sekitar menggantungkan hidupnya dari hasil laut, namun untuk pergi melaut para nelayan pukek membutuhkan peralatan. Sebagian nelayan yang tidak memiliki peralatan untuk melaut bergantung kepada juragan. Dimana juragan memiliki alat-alat untuk pergi melaut secara lengkap yang dipinjamkan kepada buruh nelayan untuk melaut.sehingga terjadi ketidakseimbangan.Namun hal tersebut tidak membuat nelayan pukek mundur atau mencari pekerjaan lain. Nelayan pukek tetap bertahan dengan pekerjaan mereka tetapi terbangun kepercayaan dan kerjasama diantara mereka.Penelitian ini disusun berdasarkan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan bagaimana pertukaran asimetri dalam kehidupan nelayan di Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dan faktor penyebab nelayan pukek sebagai buruh nelayan di Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan yaitu bulan Januari dan Februari. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori pertukaran yang di kemukakan oleh Peter M.Blau. Pendekatan penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan sebelas informan nelayan pukek dan data sekunder.Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumen.Analisis data yang digunakan adalah model interaktifdariMillesdanHubermanyaitu: (1)pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data dan(4) penarikankesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pertukaran adanya pertukaran asimetri antara nelayan pukek dengan juragan. Dimana nelayan pukek memberikan tenaganya sedangkan juragan memberikan upah, namun upah yang diberikan tidak sesuai dengan tenaga yang deberikan oleh nelayan pukek. Sedangkan faktor penyebab nelayan pukek menjadi buruh nelayan yaitu : (1) Tidak memiliki keterampilan, pendidikan yang rendah, tidak ada pekerjaan lain, tuntutan ekonomi, kepercayaan dan keterlekatan rasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 21 Jul 2018 03:34
Last Modified: 21 Jul 2018 03:34
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item