Pelaksanaan Peran Kepala Keluarga Yang Mengikuti khuruj Studi Kasus: Keluarga Jamaah Tabligh Desa Bukit Harapan Kecamatan Mersam

Iwan, Setiadi (2018) Pelaksanaan Peran Kepala Keluarga Yang Mengikuti khuruj Studi Kasus: Keluarga Jamaah Tabligh Desa Bukit Harapan Kecamatan Mersam. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
13070012 IWAN SETIADI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kepala keluarga yang pergi meninggalkan keluarga dalam jangka waktu yang relatif lama tanpa di perbolehkan membawa keluarga dalam kegiatan khuruj yang tidak memiliki gaji tetap hanya berprofesi sebagai petani kelapa sawit. Adapun tujuan penelitian ini adalah a) Mendeskripsikan peran yang tidak di laksanakan oleh kepala keluarga ketika melakukan khuruj, b) Mendeskripsikan siapa aktor-aktor yang menggantikan kepala keluarga ketika melakukan khuruj. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran (rhole theory) tentang perwujudan peran yang di kenalkan oleh Sarbin dan Goffman. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan tipe deskriptif, pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah Informan 15 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data melalui: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kepala keluarga yang mengikuti khuruj tidak berjalan yaitu fungsi kasih sayang (afeksi) dan perlindungan keluarga (proteksi) kedua fungsi ini tidak berjalan karena dalam pelaksanaan khuruj kepala keluarga pergi selama satu setengah sampai dengan dua bulan kepala keluarga yang melakukan khuruj mereka berpisah sementara dengan anggota keluarga tidak boleh meninggalkan masjid tanpa seizin amir (pemimpin khuruj), dan yang terakhir keluarga mencari pengganti aktor untuk menjalakan fungsi nya akor-aktor yang menggantikan kepala keluarga yaitu a) istri jamaah tabligh, selama ia di tinggal khuruj oleh suaminya iya berperan ganda untuk anak-anak nya, b) saudara terdekat, ketika kepala keluarga pergi mereka meminta bantuan kepada saudara terdekat baik saudara terdekat dari istri maupun saudara terdekat dari suami untuk menjaga keluarga dan menggantika urusan-urusan yang mendesak yang tidak bisa diwakilkan oleh ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 21 Jul 2018 03:28
Last Modified: 21 Jul 2018 03:28
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item