Kontrol Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Komparatif: Pada Orang Tua Guru Dan Orang Tua Buruh Tani Sawit)

Rika, Nurhidayati (2018) Kontrol Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Komparatif: Pada Orang Tua Guru Dan Orang Tua Buruh Tani Sawit). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
13070005 RIKA NURHIDAYATI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di Desa Air Bikuk terdapat berbagai macam pekerjaan, dua diantaranya yaitu guru dan buruh tani sawit. Terdapat perbedaan antara hasil/nilai raport anak orang tua bekerja sebagai guru dan orang tua bekerja sebagai buruh tani sawit. Perbedaannya bahwa hasil raport anak orang tua buruh tani sawit lebih tinggi dibandingkan dengan hasil raport anak guru. Jadi dalam penelitian ini melihat bagaimana kontrol yang diberikan oleh orang tua terhadap pendidikan anak. Dengan tujuan yaitu mendeskripsikan kontrol orang tua terhadap pendidikan anak pada orang tua guru dan orang tua buruh tani sawit. Teori yang digunakan adalah teori belajar Vygotsky dengan melihat bagaimana aktifitas dan interaksi anak dan orang tuanya (keluarga). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 20 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Unit analisis adalah kelompok yaitu orang tua yang bekerja sebagai guru dan orang tua yang bekerja sebagai buruh tani sawit dan anak dari orang tua guru dan orang tua buruh tani sawit dengan anaknya yang masih berekolah. Analisis data yang menggunakan model analisis data interaktif (Milles dan Huberman). Hasil penelitian ini menunjukkan kontrol orang tua terhadap pendidikan anak pada orang tua guru dan orang tua buruh tani sawit, 1) Mengawasi prilaku anak, 2) Mengawasi anak dalam belajar, 3) Mengawasi anak dalam bermain, 4) Memberi pengertian pada anak tentang pentingnya belajar dan pelajaran. Dapat dibedakan menjadi sebagai berikut: 1) Pendampingan dalam belajar yang selalu dilakukan oleh orang tua buruh tani sawit dibandingkan dengan orang tua guru, 2) Pengawasan terhadap anak yang berlebihan oleh orang tua guru, 3) Pengawasan anak yang tidak berlebihan oleh orang tua buruh tani sawit, 4) Pemberian waktu bermain anak yang sedikit oleh orang tua guru, 5) Memberi waktu bermain dan belajar yang seimbang oleh orang tua buruh tani sawit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 21 Jul 2018 03:16
Last Modified: 21 Jul 2018 03:16
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item