Upaya Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMPN 39 Padang

Wulan, Sri Rahayu (2018) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMPN 39 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
12070098 WULAN SRI RAHAYU ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh siswa SMPN 39 Padang seperti terlambat, cabut, dan absen merupakan perilaku yang kurang baik sebagai seorang siswa. Upaya guru untuk menegakkan disiplin siswa sangat diperlukan untuk merubah perilaku siswa menjadi lebih baik dan tindakan yang dilakukan guru untuk menegakkan disiplin siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan disiplin siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teori behaviourisme, pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian adalah guru dan siswa SMPN 39 Padang. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunankan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Unit analisis data adalah kelompok yaitu komponen SMPN 39 Padang yang mencakup kepala sekolah, wakil, guru yang terlibat menegakkan disiplin dan siswa. Analisis data menggunakan prinsip analisis interaktif oleh Milles dan Huberman yang mencakup empat tahap yaitu: 1)pengumpulan data 2)reduksi data 3)penyajian data 4)penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu : upaya guru dalam meningkatkan disiplin siswa SMPN 39 Padang yaitu: a)memberikan teguran, guru memberikan teguran kepada siswa yang melanggar aturan b)memberikan punishment untuk siswa yang melanggar aturan, seperti siswa yang terlambat akan diberikan hukuman membersihkan lingkungan sekolah c)memberikan contoh teladan pada siswa, guru memberikan contoh pada siswa seperti guru selalu datang tepat waktu ke sekolah d)memberikan motivasi,guru menasehati siswa e)pemanggilan orang tua bagi siswa yang melanggar aturan berulang kali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 21 Jul 2018 02:48
Last Modified: 21 Jul 2018 02:48
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item