Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP N 4 Kota Solok.

Cici, Rahmilda (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP N 4 Kota Solok. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14010051 CICI RAHMILDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, diantaranya guru bertindak sebagai sumber belajar, media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan pendekatan saintifik tidak terlaksana sesuai tuntutan kurikulum 2013 seperti menanya masih banyak siswa yang tidak mau bertanya dan mengumpulkan data dimana siswa kurang aktif dan hanya siswa yang pintar saja yang mengumpulkan data. Hal ini berdampak pada pemahaman siswa terhadap materi sehingga mengakibatkan hasil belajarnya banyak yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 4 Kota Solok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Kota Solok. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen VII D, dan kelas kontrol VII A. Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa penilaian observasi sikap, pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda dan ranah psikomotor berupa penilaian hasil laporan diskusi. Analisis data yang digunakan pada ranah afektif dan kognitif menggunakan uji-t sedangkan pada ranah psikomotor analisis data menggunakan uji t’. Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata hasil belajar siswa pada ranah afektif kelas eksperimen 73,18 dan kelas kontrol 57,72 dengan thitung 2,70 dan ttabel 1,67 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini diterima (H1). Pada ranah kognitif rata-rata kelas eksperimen 86,16 dan kelas kontrol 83,07, dengan thitung 1,01 dan ttabel 1,68 berarti thitung < ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini ditolak (H0). Rata-rata hasil belajar siswa pada ranah psikomotor kelas eksperimen 83,92 dan kelas kontrol 71,69, dengan thitung 3,34 dan ttabel 2,06 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini diterima (H1). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, ranah psikomotor dan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pada ranah kognitif kelas VII SMP N 4 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:09
Last Modified: 04 Jul 2019 04:09
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item View Item