Hubungan Pendapatan Orang Tua dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 11 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan

Jendri, Mahendra (2018) Hubungan Pendapatan Orang Tua dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 11 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
12010080 NURMI SEPTYANI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pendapatan orang tua dan kurangnya fasilitas belajar di rumah, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA biologi masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar IPA biologi, mengetahui hubungan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar IPA biologi, mengetahui hubungan pendapatan orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar IPA biologi siswa di SMPN 11 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yaitu instrumen untuk mengungkapkan data tentang pendapatan orang tua dan untuk mengungkapkan data tentang fasilitas belajar. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah (kuisioner) angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus teknik korelasi Product Momen dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat diuji dengan menggunakan rumus f. Hasil penelitian antara pendapatan orang tua dengan hasil belajar IPA biologi adalah (thitung -1.833 ≥ ttabel 1.99125), dari hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar IPA biologi adalah (thitung 3.908 ≥ ttabel 1.99125), dari hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Pendapatan orang tua dan fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar IPA biologi adalah (Fhitung 8.173 ≥ Ftabel 3.11), dari hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa pendapatan orang tua berhubungan signifikan dengan hasil belajar IPA biologi, fasilitas belajar di rumah berhubungan signifikan dengan hasil belajar IPA biologi dan pendapatan orang tua dan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama berhubungan signifikan dengan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII di SMPN 11 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:45
Last Modified: 02 Jul 2018 03:45
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item