Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 2 Tebo

Nurmi, Septyani (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 2 Tebo. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
12010080 NURMI SEPTYANI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMAN 2 Tebo Kabupaten Tebo masih belum maksimal karena masih banyak siswa yang kurang aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan, proses pemebelajran masih terfokus pada guru, dan media yang diterapkan oleh guru masih terbatas. Kurangnya motivasi dan minat belajar yang mengakibatkan nilai siswa banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata ulangan harian dua kelas yang sama atau hampir mendekati sama. Sehingga didapatkan kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 2 dan kelas kontrol adalah kelas XI MIPA 1 dan data analisis menggunakan Uji-t. Instrumen dalam penelitian ini yaitu ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Berdasarkan analisis data pada kompetensi afektif kelas eksperimen memiliki rata-rata 77,60 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 76,95 dengan predikat kedua kelas sampel yaitu (B). Kompetensi kognitif, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 77,97 dan siswa kelas kontrol 71,88 dengan predikat kedua kelas sampel yaitu (B). Pada kompetensi psikomotor kelas eksperimen memiliki rata-rata 72,74 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 79,59. dengan predikat kedua kelas sampel yaitu (B). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat berpengaruh baik terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan afektif, sedangkan pada ranah psikomotor tidak berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:33
Last Modified: 02 Jul 2018 03:33
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item