Pengaruh Penggunaan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Student Team Achieviment Division (STAD) Terhadap Keterampilan Menyimak Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman

Mira, Syarif (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Student Team Achieviment Division (STAD) Terhadap Keterampilan Menyimak Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080303 MIRA SYARIF ok plip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Siswa tidak sepenuhnya memahami pelajaran menyimak berita hal ini disebabkan ketidakseriusan siswa dalam menyimak berita sehingga hasil belajar siswa dalam menyimak berita masih rendah. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achieviment Division (STAD) dan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah the randomized posttest only control group. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 52 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menyimak berita tanpadan denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VII SMP negeri 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menyimak berita tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achieviment Division (STAD) dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, tingkat keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariamantanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achieviment Division (STAD) memperoleh nilai rata-rata 63,46 dengan klasifikasi 56 – 65% yaitu Cukup.Kedua, tingkat keterampilan menyimak beritadengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VII SMP Negeri 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman memperoleh nilai rata-rata 71,15 dengan klasifikasi 66 - 75% yaitu lebih dari cukup (LDC). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achieviment Division siswa kelas VII SMP Negeri 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman karena thitung>ttabel (2, 24>1,68). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menyimak berita siswaSMP Negeri 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 20 Jul 2018 01:43
Last Modified: 20 Jul 2018 01:43
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item