Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Smp PGAI Dr. Abdullah Ahmad padang

Rilla, Puspita Putri (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Smp PGAI Dr. Abdullah Ahmad padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftra Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
12010045 RILLA PUSPITA PUTRI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu dalam proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, ketika siswa diminta untuk bertanya atau menjawab hanya beberapa siswa yang mau, itupun di dominasi oleh siswa yang pandai saja, kurangnya komonikasi siswa dengan guru dan sesama siswa sehingga permasalahan tersebut berdampak pada proses pembelajaran biologi peserta didik kelas VIII SMP PGAI Dr. Abdullah Ahmad Padan., Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di sertai LDS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP PGAI Dr. Abdullah Ahmad padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP PGAI Dr. Abdullah Ahmad Padang tahun pelajaran 2016/2017. Kelas eksperimen VIIIA dan kelas kontrol VIIIB yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling rancangan penelitian ini adalah randomized control group postestonly design, instrumen penelitian yang digunakan pada ranah afektif adalah bagaimana sikap siswa pada saat proses pembelajaran, kognitif berupa soal objektif dan psikomotor adalah penilaian LDS, Analisis data hasil tes akhir kelas sampel dilakukan uji-t. Berdasarkan hasil dari analisis tes akhir terlihat bahwa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, yaitu dengan nilai pada kelas eksperimen 3,24 sedangkan pada kelas kontrol 2,76 setelah dilakukan uji coba normalitas maka didapatkan hasil bahwa < maka data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas didapatkan < dimana Fh= 0,53 dan Ft=1,92 yang bearti data homogen, sehingga untuk mencari hipotesisnya dilakukan dengan menggunakan rumus (t) setelah dilakukan uji hipotesis maka didapatkan hasil th > tt dimana th = 4,36 dan tt=1,67 maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Two Stay Two Stray (TSTS) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP PGAI Dr. Abdullah Ahmad Padang, namun tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:08
Last Modified: 31 Jul 2018 03:18
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item