Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Wilvi, David Fernanda (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080299 WILVI DAVID FERNANDA ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara khususnya menceritakan pegalaman yang paling mengesankan. Siswa tidak suka berbicara di depan kelas karena takut salah dan ditertawai oleh teman-temannya. Untuk melatih siswa agar terampil berbicara digunakan model pembelajaran Time Token dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen jenis pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 103 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 20 orang. Ada dua variabel dalam penelitian ini. Pertama, model pembelajaran Time Token sebagai variabel bebas. Kedua, keterampilan berbicara sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitan ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2016/2017 sebelum menggunakan model pembelajaran Time Token adalah 58,81 dengan klasifikasi cukup (C). Kedua, nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2016/2017 sesudah menggunakan model pembelajaran Time Token adalah 78,81 dengan klasifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. karena thitung (7,56 > 1,73).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 19 Jul 2018 09:25
Last Modified: 19 Jul 2018 09:25
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item