Pengaruh Metode Latihan Berbantuan Media Audio Terhadap Keterampilan Menyimak Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 39 Padang

Lidya, Riska Kurniatias (2018) Pengaruh Metode Latihan Berbantuan Media Audio Terhadap Keterampilan Menyimak Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 39 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080294 LIDYA RISKA KURNIATIAS ok plip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, siswa belum mampu menyimak berita dengan baik dan benar. Kedua, tingkat keterampilan menyimak siswa masih rendah. Ketiga, siswa kurang berminat dalam berita. Keempat, sarana dan prasarana di sekolah kurang memadai. Kelima, siswa sulit mengungkapkan kembali berita yang disimak. Keenam, kurangnya variasi media dalam menunjang keterampilan menyimak siswa. Ketujuh, siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan mencatatnya. Kedelapan, pada proses pembelajaran menyimak berita guru hanya menyuruh siswa membacakan berita didepan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode latihan berbantuan media audio terhadap keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 39 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-Experimentaldengan desain One Group Pretest-Posstest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 39 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 213 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 yang berjumlah 31 orang. Teknik penarikan sampel yaitu Purposive Sampling. Variabel pada penelitian ini adalah metode latihan berbantuan media audio variabel bebas dan keterampilan menyimak berita variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja menyimak berita siswa sebelum dan sesudah meggunakan metode latihan berbantuan media audio. Berdasarkan hasil penelitan, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 39 Padang sebelum menggunakan metode latihan berbantuan media audio (pretest) dengan nilai rata-rata 63,44 berada pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 39 Padang sesudah menggunakan metode latihan berbantuan media audio (posttest) dengan nilai rata-rata 80,47 berada pada kualifikasi Baik (B). Ketiga terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode latihan berbantuan media audio terhadap keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 39 Padang dengan thitung(6,12) > ttabel(1,70). Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, metode latihan berbantuan media audio berpengaruh terhadap keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 39 Padang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 19 Jul 2018 09:05
Last Modified: 19 Jul 2018 09:05
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item