Pengaruh Kesiapan Belajar, Sikap Belajar, Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Keterampilan Guru Mengelola Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP N 27 Padang.

Tiara, Nita (2018) Pengaruh Kesiapan Belajar, Sikap Belajar, Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Keterampilan Guru Mengelola Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP N 27 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13090051 TIARA NITA ok plip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kesiapan belajar, sikap belajar, persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan keterampilan guru mengelola kelas secara parsial dan simultan terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 27 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 27 Padang, berjumlah 98 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling (sampel berstrata) berdasarkan tingkat pendidikan orang tua siswa yang terdiri dari tinggi, sedang dan rendah. Menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap keaktifan belajar siswa. Dari hasil analisis kelompok sampel orang tua pendidikan tinggi, sedang dan rendah, yang paling berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa yaitu kelompok sampel orang tua pendidikan sedang dengan koefisien sebesar 0,255. Nilai ini signifikan karena thitung 2,938 > ttabel 1,661. (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan sikap belajar terhadap keaktifan belajar siswa. yang paling berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa yaitu kelompok sampel orang tua berpendidikan sedang dengan koefisien sebesar 0,468. Nilai ini signifikan karena thitung 3,480 > ttabel1,661. (3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa. yang besar pengaruh terhadap keaktifan belajar adalah kelompok sampel orang tua pendidikan tinggi dengan koefisien regresi sebesar 0,475. Nilai ini signifikan karena thitung 4,636> ttabel 1,661. (4) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan keterampilan guru mengelola kelas terhadap keaktifan belajar siswa. yang besar pengaruhnya terhadap keaktifan belajar siswa adalah kelompok sampel pendidikan orang tua tinggi dengan koefisien regresi sebesar 0,347. Nilai ini signifikan karena thitung 4,489>ttabel 1,661.(5) kesiapan belajar, sikap belajar, persepsi siswa tentang metode mengajar guru, dan keterampilan guru mengelola kelas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII SMP N 27 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung 64,927 > Ftabel 2,48. Besarnya pengaruh kesiapan belajar, sikap belajar, persepsi siswa tentang metode mengajar guru, dan keterampilan guru mengelola kelas terhadap keaktifan belajar siswa yaitu 73,6% dan sisanya 26,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 27 Padang hendaknya siswa lebih meningkatkan keaktifannya dalam melaksanakan diskusi kelompok belajar di kelas, lebih giat lagi dalam belajarnya, dan siswa harus bisa menjelaskan kembali pelajaran yang telah diajarkan guru, guru juga harus bisa menggunakan berbagai metode mengajar yang baik dan tidak hanya ceramah saja, selain itu guru memberikan motivasi-motivasi kepada siswa agar siswa semangat dalam belajar dan lebih aktif lagi dalam proses belajarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Jul 2018 06:45
Last Modified: 19 Jul 2018 06:45
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item