Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Di SMP N 14 Sijunjung

Dila, Mestika Sari (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Di SMP N 14 Sijunjung. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
12010018 DILA MESTIKA SARI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengandalkan catatan dan penjelasan dari guru, artinya pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru belum pernah menerapkan model Group Investigation, guru hanya menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Upaya untuk mengatasi hal tersebut penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMPN 14 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design“. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 14 Sijunjung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VII.a sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.b sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 43 butir soal. Ranah afektif berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Ranah psikomotor dapat dilihat pada hasil laporan diskusi siswa. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji- t dengan kriteria thitung > ttabel. Hasil analisis data diperoleh pada ranah afektif pada kelas eksperimen dengan capaian modus 3,25 dengan predikat B+ sedangkan untuk kelas kontrol dengan capaian modus 2,50 dengan predikat B- dengan hipotesis diterima. Hasil analisis data pada ranah kognitif pada kelas eksperimen 68,70 dan kelas kontrol 63,70. Pada ranah psikomotor yang ditunjukkan pada kelas eksperimen rata-rata 3,20 dengan predikat B+ untuk kelas kontrol rata-rata 2,95 dengan predikat B-. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif tetapi dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif dan psikomotor pada kelas VII SMP N 14 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:33
Last Modified: 02 Jul 2018 04:06
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item