Upaya Guru BK Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Underachiever di SMK Negeri 6 Padang.

Siti Bayang, Intan (2018) Upaya Guru BK Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Underachiever di SMK Negeri 6 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Legkap)
14060196 SITI BAYANG INTAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (196kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya anak underachiever memiliki nilai rendah pada tes prestasi dan pekerjaan sehari-hari tidak lengkap. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru BK meningkatkan konsentrasi belajar dilihat dari: (1) Lingkungan belajar anak underachiever, (2) Respon terhadap kebutuhan anak, (3) Menyeimbangkan kegiatan bersama dengan kegiatan individual anak underachiever, (4) Bekerjasama dengan orang tua anak underachiever, (5) Terbuka kepada setiap anak underachiever. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah 2 orang guru BK kemudian informan tambahan yaitu 2 orang guru mata pelajaran dan 1 anak underachiever. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan tentang upaya guru BK dilihat dari 1)Menciptakan lingkungan belajar yang baik terlebih dahulu seperti melakukan hal yang menyenangkan, memberikan rasa nyaman, (2) Merespon kebutuhan anak ada berbagai hal yang di lakukan guru BK seperti bekerjasama dengan guru mata pelajaran, (3) Memberikan pemahaman kepada anak underachiever supaya mampu mengikuti kegiatan bersama dan kegiatan individual guna mengejar ketertinggalannya, (4) Bekerjasama dengan orang tua untuk memberikan informasi tentang potensi yang dimiliki oleh anak underachieve, (5) Memberikan semangat kepada anak underachiever agar memperoleh prestasi yang baik disekolah, (6) Menggunakan buku penghubung untuk mengetahui perkembangan anak underachiever. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar lebih mampu meningkatkan konsentrasi belajar pada anak underachiever.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 14 May 2019 04:28
Last Modified: 14 May 2019 04:28
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5791

Actions (login required)

View Item View Item