Pengaruh Profesionalisme Guru dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening di SMA PGRI 3 Padang.

YORI, AFRIANTO (2018) Pengaruh Profesionalisme Guru dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening di SMA PGRI 3 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090175 YORI AFRIANTO Ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh profesionalisme guru terhadap disiplin kerja di SMA PGRI 3 Padang. 2) pengaruh budaya sekolah terhadap disiplin kerja di SMA PGRI 3 Padang. 3) pengaruh profesionalisme guru terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang. 4) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang. 5) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang. 6) pengaruh profesinalisme guru terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang melalui disiplin kerja. 7) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang melalui disiplin kerja. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kausatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh guru di SMA PGRI 3 Padang yang berjumlah sebanyak 56 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja di SMA PGRI 3 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,529. Nilai koefisien jalur ini signifikan karena nilai thitung 5,239 > ttabel 2,00. Kedua budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja di SMA PGRI 3 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,344. Nilai koefisien jalur ini signifikan karena nilai thitung 3,407 > ttabel 2,00. Ketiga profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,349. Nilai koefisien jalur ini signifikan karena nilai thitung 3,726 > ttabel 2,00. Keempat budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,406. Nilai koefisien jalur ini signifikan karena nilai thitung 4,830 > ttabel 2,00. Kelima disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,303. Nilai koefisien jalur ini signifikan karena nilai thitung 2,930 > ttabel 2,00. Keenam profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang melalui disiplin kerja adalah sebesar 6,0%. Ketujuh budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA PGRI 3 Padang melalui disiplin kerja adalah sebesar 4,2%. Untuk meningkatkan kinerja guru, profesionalisme guru harus lebih baik baik itu dalam hal pelaksanaan maupun proses pembelajaran, selain itu budaya sekolah yang baik dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan disiplin kerja dalam proses belajar mengajar, serta memberikan teguran kepada guru agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik selanjutnya guru harus meningkatkan kinerjanya supaya dapat lebih maksimal dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:41
Last Modified: 19 Jul 2018 04:41
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item