Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik di Kelas VIII ASMP Negeri 8 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Triska Nofa, Yuli (2018) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik di Kelas VIII ASMP Negeri 8 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14060127-TRISKA NOVA YULI-SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang aktif dalam belajar, yaitu; peserta didik yang tidak bergairah dalam belajar, yang kurang bersemangat dalam belajar, yang tidak ingin bertanya walaupun telah ada kesempatan, yang tidak memberikan respon terhadap pelajaran yang telah diterangkan oleh guru mata pelajaran.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan:1) Keaktifan belajar peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi. 2) Keaktifan belajar peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi.3 )Efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah 13 peserta didik dan sampelnya 8 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket.Sedangkan untuk analisis data menggunakan persenta sedari data interval dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas VIII A SMP Negeri 8 Lembah Gumanti Kabupaten Solok diperoleh hasil sebagai berikut:1) Keaktifan belajar peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori kurang aktif. 2) Keaktifan belajar peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori cukup aktif. 3) Keaktifan belajar peserta didik dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkat, dimana keaktifan belajar dengan menggunakan metode diskusi mengalami perubahan yang signifikandengan t-tes 5,462, apabila thitung lebih besar dari ttabel (5,462 > 1,895) maka terdapat perubahan yang signifikan. Artinyalayananbimbingankelompok yang diberikan berhasil meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.Penelitian ini merekomendasikan kepada peserta didik untuk terus meningkatkan ke aktifannya dalam belajar sehingga sifat aktif dalam belajar akan menjadi satu kebiasaan baik yang dimiliki peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 13 May 2019 02:29
Last Modified: 13 May 2019 02:29
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item