Hambatan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kompetensi Sikap Peserta Didik Berbasisi Kurikulum 2013 di MTsN 6 Padang.

Bulan El, Mahardika (2018) Hambatan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kompetensi Sikap Peserta Didik Berbasisi Kurikulum 2013 di MTsN 6 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14060104 BULAN EL MAHARDIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (191kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangi oleh hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kompetensi sikap peserta didik berbasis kurikulum 2013. Berdasarkan studi awal melalui wawancara, diperoleh informasi mengenai hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kompetensi sikap peserta didik berbasis kurikulum 2013 di MTsN 6 Padang. Fokus penelitian ini adalah (1) Hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kompetensi sikap spiritual peserta didik berbasis kurikulum 2013 (2) Hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kompetensi sikap sosial peserta didik berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan kunci penelitian yaitu 3 orang guru bimbingan dan konseling dan informan tambahan 2 orang yaitu kepala sekolah dan wakil kurikulum. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara terstruktur. Data dianalisis dengan 3 tahap: (1) reduksi data (2) Penyajian data (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1)Hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kompetensi sikap spiritual peserta didik berbasis kurikulum 2013 yaitu kurangnya jumlah guru bimbingan dan konseling, prasarana yang kurang mencukupi, pemberian contoh yang kurang oleh guru. (2) Hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kompetensi sikap sosial peserta didik berbasis kurikulum 2013 adalahpeserta didik yang kurang terbuka terhadap guru, peserta didik yang tidak mengubah tingkah laku sesuai dengan anjuran guru, jumlah guru bimbingan dan konseling yang kurang, sikap malas dan enggan peserta didik untuk bekerja dan waktu pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling yang kurang efektif. Hasilpenelitiandi rekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling agarmampu mengatasi hambatan dalam mengembangkan komptensi sikap peserta didik berbasisi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 11 May 2019 04:18
Last Modified: 11 May 2019 04:18
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item