Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Peserta Didik (Studi Eksperimen di Kelas IX1 SMP Negeri 1 Padang Gelugur Kabupataen Pasaman).

Gustina, Gustina (2018) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Peserta Didik (Studi Eksperimen di Kelas IX1 SMP Negeri 1 Padang Gelugur Kabupataen Pasaman). Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14060071GUSTINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh adanya peseta didik yang merasa cemas dan takut ketika akan berkomunikasi atau berbicara dengan orang asing atau orang-orang yang baru dikenalnya, baik di dalam kelompok diskusi, di dalam kelas serta di depan banyak orang. Tujuan penelitian inia dalah mendeskripsikan 1) Kecemasan berkomunikasi peserta didik sebelum diberikan bimbingan kelompok denga menggunakan metode diskusi. 2) Kecemasan berkomunikasi peserta didik setelah diberikan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi. 3) Efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi peserta didikdengan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen.Populasi penelitian adalah 30 peserta didik dan sampelnya 10 yang dipilih dengan teknik purposif sampling .Instrumen yang digunakan yaitu angket.Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada peserta didik dengan menggunakan metode diskusi di kelasIX1 SMP Negeri 1 Padang Gelugur dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Kecemasan berkomunikasi peserta didik sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori cukup cemas. 2) Kecemasan berkomunikasi peserta didik setelah diberikan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori sangat kurangcemas. 3) Efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi dapat menurunkan tingkat kecemasan berkomunikasi peser tadidik. Penelitian ini merekomendasikan kepada peserta didiku ntuk terus mengembangkan kemampuan berkomunikasinya dengan baik dan mamputerus berusaha meminimalkan kecemasan dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 11 May 2019 02:16
Last Modified: 11 May 2019 02:16
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item